Close
Skip to content

Profil Lulusan

PROFIL LULUSAN

Berdasarkan langkah-langkah yang sudah dilakukan, maka profil lulusan program studi Ilmu Komunikasi adalah sebagai berikut:

1.          Communication Researcher

Lulusan Ilmu Komunikasi mampu mengidentifikasi, menjelaskan, dan menggunakan teori-teori komunikasi yang relevan di bidang kajian komunikasi digital, budaya dan media. Mampu menganalisis menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Mampu menganalisis jaringan sosial secara digital.

2.          Digital Broadcaster

Lulusan Ilmu Komunikasi mampu melakukan presentasi, diskusi, dan menyampaikan informasi melalui siaran radio dan televisi. Mampu menulis konten yang menarik untuk audiens yang berbeda, mampu berhubungan dengan orang lain dengan berbagai karakter. Mampu menggunakan bahasa yang persuasif dan jelas.

3.          Digital Journalist

Lulusan Ilmu Komunikasi UG mampu berpikir kritis, mengacu pada data dan fakta, serta fenomena secara komprehensif dan rasional. Memiliki kemampuan merencanakan, melaksanakan, memproduksi hingga mengevaluasi karya jurnalistik yang memenuhi standar dan etika profesi. Menguasai pengetahuan mengenai regulasi, kebijakan dan peraturan yang berlaku mengenai pemberitaan seperti Undang-undang  Informasi dan Transaksi Elektronik, hingga memiliki penguasaan mengenai kode etik jurnalistik dalam implementasi norma dan etika kerja.

4.          Fotografer

Mengetahui berbagai jenis kamera, cara mengatur setting kamera, pengaturan komposisi dan pencahayaan, kreatif dalam pengambilan foto, mampu melakukan editing hasil pemotretan. Mampu berkomunikasi dengan klien.

5.          Digital Marketing Public Relations

Lulusan Ilmu Komunikasi mampu membuat konten yang kreatif di media digital. Mampu mempromosikan produk ataupun informasi tertentu secara digital. Mampu menjalin hubungan baik dengan jurnalis. Mampu meningkatkan citra dan reputasi institusi. Mampu melakukan penelitian kehumasan pada media konvensional dan digital. Mampu menciptakan brand image serta menguasai pengelolaan kampanye pemasaran melalui teknologi digital.

6.          Digital Media Spesialist

Lulusan Ilmu Komunikasi mampu melakukan analisis data digital, menguasai berbagai channel sosial media, menguasasi penggunaan digital tools analytic dan senantiasa update perkembangan digital.  Mampu menguasi dan memahami konsep desain komunikasi visual. Lulusan mampu menerapkan digital ethics pada setiap konten yang dihasilkan.