Popularitas Media Online Nasional

Popularitas media online dapat diukur dengan menghitung jumlah pengunjung dan jumlah tautan ke website media online tersebut.  Pengukuran tersebut dapat memanfaatkan beberapa mesin pencari khusus atau situs analisis lalulintas web (web traffic analysis). Dua situs yang digunakan di sini yaitu Alexa.com dan Majestic.com.  Lima media online yang dievaluasi yaitu kompas.com, detik.com, tribunnews.com, vivanews.com, dan republika.co.id. Pengamatan dilakukan pada tanggal 7 Januari 2014. Perbandingan lalulintas dari lima media online tersebut dengan menggunakan alexa.com dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

Perkembangan global traffic rank dalam enam bulan (sumber: Alexa.com)

Perkembangan global traffic rank dalam enam bulan pada tanggal 07-01-2015 (sumber: Alexa.com)

Dua media online paling populer adalah Kompas dan Detik dengan peringkat global (global rank) di bawah 1000.  Kompas menempati peringkat pertama dengan Global Rank 344 diikuti oleh Detik (451). Tiga media online lainnya mempunyai peringkat global di atas 1000 yaitu  Tribunnews (1166), Vivanews (1589), dan Republika (2722).

Indikator kedua yaitu menggunakan majestic.com untuk mengetahui jumlah tautan dan ukuran lainnya. Perbandingan hasilnya dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

Perbandangan tautan ke media online (sumber: majestic.com)

Perbandaigan tautan ke media online pada tanggal 07-01-2015 (sumber: majestic.com)

 

Sebagian besar indikator tautan di atas menunjukkan bahwa Detik mengungguli kompas. Sebagai contoh, external baclink ke situs detik.com tercatat lebih dari 16 juta, sedangkan Kompas.com tercatat lebih dari 3 juta. Tiga media online lainnya relatif jauh dibandingkan Kompas dan Detik.

Jadi secara umum, Kompas dan Detik bersaing ketat sebagai dua media online yang paling populer di Indonesia berdasarkan analisis pengunjung dan tautan ke website.

 

Post Your Thoughts


one + = 8